☏  021-2222 4686

✆ 0878-8371-1969 (WA)

Tips bangun rumah murah

Punya tanah, tapi dana terbatas? Mengelola dana terbatas untuk membangun rumah sederhana yang terlihat mewah, bukan hal mustahil untuk diwujudkan. Berikut adalah pilihan langkah yang bisa anda lakukan untuk mewujudkan rumah impian.

1.    Membuat Rencana Pembangunan Rumah
Planning is important! Segala sesuatu yang dikejar, harus direncanakan terlebih dahulu.
Perencanaan adalah langkah paling awal yang harus dilalui oleh setiap orang yang memiliki impian. Untuk membangun rumah sederhana tapi terlihat mewah, kita perlu merencanakannya. Hal-hal yang harus direncanakan adalah anggaran dana yang harus Anda keluarkan, luas bangunan, hingga target waktu penyelesaiannya. Perencanaan ini berfungsi sebagai pijakan untuk mengendalikan potensi terjadinya penyimpangan selama proses pembangunan. 

Jika pelaksanaan bangunan rumah menyimpang dari rencana awal, hal ini akan berdampak pada anggaran biaya pembangunan. Waktu pembangunan yang tidak terjadwal, akan membuat Anda menambah biaya tukang saat mendekati tenggat waktu. Jika tidak menambah tukang, waktu pembangunan akan semakin lama. Tanpa rencana, sukses membikin dilema.

Agar pelaksanaan bisa berjalan dengan lancar, Anda juga bisa memilih jasa tukang atau pemborong profesional. Untuk membantu Anda membangun rumah sesuai rencana, tempat waktu, dan anggaran tidak membengkak.

2.    Desain Minimalis Sungguh Membantu
Desain minimalis. Mini, ramah, dan kalis. Tidak memakan banyak ruangan, tidak menggunakan banyak material bangunan, bahkan anda bisa menyusun ruangan rumah sesuai dengan yang diinginkan, banyak referensi dan tutorial yang bisa anda temukan dengan mudah di Internet. Sangat efisien dan menghemat dana. 

3.    Pilihlah Bentuk Bangunan Yang Sesuai
Bentuk ruang bangunan akan sangat mempengaruhi tingkat kesulitan dan kebutuhan bahan material. Rumah dengan ruang bentuk kubus (persegi) atau balok (persegi panjang) cenderung lebih mudah dibentuk dan dibangun, dibandingkan dengan bangun ruang yang memiliki sudut lain.
Bangun ruang yang membentuk banyak sudut ataupun lengkungan akan menyisakan banyak material bangunan yang terbuang sia-sia, selain itu tingkat kesulitan pembentukannya juga lebih tinggi. Ketika melakukan renovasi pun akan menemui banyak kesulitan dengan bentuknya yang tidak sederhana, tentunya akan mengeluarkan lebih banyak biaya dan tenaga.

4.    Selalu Ingat Untuk Riset Harga Bangunan
Harga bahan bangunan yang cenderung naik harus menjadi pertimbangan dalam memilih material. Riset harga bangunan ini bisa sangat membantu Anda membuat anggaran dana di perencanaan awal. Riset pun bisa dilakukan dengan mencari referensi di internet, atau biar lebih konkret lagi Anda bisa mengunjungi berbagai toko material di sekitar lingkungan tempat tinggal. Dengan melihatnya langsung, Anda bisa mengetahui bagaimana kualitas barang yang bagus, namun harga tidak melebihi dana yang tersedia.

5.    Selektif Memilih Kontraktor Bangunan
Kontraktor sangat berperan penting dalam membangun sebuah rumah, maka biaya untuk membayar jasanya perlu Anda siapkan. Selektiflah dalam memilih kontraktor. Pilihlah kontraktor yang benar-benar ahli di bidangnya serta memiliki reputasi kerja yang baik. Hal ini penting karena baik-tidaknya kinerja kontraktor akan mempengaruhi efisiensi proses pembangunan rumah.

6.    Bangunlah Secara Bertahap
Akan terasa lama apabila menunggu total anggaran seluruhnya, dengan menabung sejumlah uang yang dibutuhkan untuk membangun rumah. Anda bisa memulainya secara bertahap. Mulai dari pembuatan pondasi, pendirian bangunan, hingga pemasangan atap dapat dilakukan dan disesuaikan dengan anggaran yang ada. Walaupun rumah Anda akan lama terbangunnya, cara ini akan memberi Anda kesempatan untuk lebih fokus pada setiap tahapnya. Dana yang Anda keluarkan pun dapat lebih terkendali dan mudah dipantau.

7.    Gunakan Material Lokal
Bahan bangunan berkualitas tak harus dari produksi luar negeri ataupun yang bertarif mahal. Supaya bisa berhemat lebih banyak, Anda bisa menggunakan bahan bangunan lokal. Selain mudah ditemukan, jenis bahan bangunan lokal juga lebih murah harganya.

8.    Buatlah Ruangan Multifungsi
Rumah yang punya banyak ruangan akan memakan biaya lebih mahal dalam pembangunannya. Solusinya, buatlah ruangan multifungsi, misalnya ruang tamu yang juga berfungsi sebagai ruang keluarga, dapur bisa disatukan dengan ruang makan. Dengan begitu impian Anda membangun rumah sederhana tapi kelihatan mewah bisa segera terwujud!