☏  021-2222 4686

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menyewa Jasa Tukang Bangunan

Rumah impian tidak tercipta begitu saja. Sebab setiap orang memiliki gambaran rumah ideal yang berbeda-beda. Juga tentu berbeda dari produk perumahan yang bentuknya seragam. Untuk merealisasikan hal tersebut, tentu dibutuhkan pembangunan dari awal, atau merenovasi bangunan rumah yang sudah ada. Bagaikan ujung tombak yang menentukan hasil bidikan, rumah impian bisa diciptakan, apabila kita tepat dalam menyesa jasa tukang bangunan. Berikut hal penting yang harus diperhatikan saat menyewa jasa tukang bangunan.

1. Lihat Profile-nya!

Sebelum memilih, pastikan jasa tukang bangunan yang akan Anda pilih berpengalaman dalam melakukan tugasnya. Bisa lihat dari siapa orang atau institusi yang merekomendasikan mereka, atau melihat hasil kerja bangunan-bangunan sebelumnya. Jangan malas mencari data masa lalunya jasa tersebut untuk ketepatan dalam memilih jasa. Tentunya harus data masa lalu yang valid ya. Say no to hoax.

 

2. Sesuaikan Budget

Jika Anda memiliki budget yang cukup banyak, Anda bisa memilih jasa tukang bangunan borongan, agar pengerjaan pembangunan rumah maupun renovasi bisa berjalan dengan cepat. Namun, harus selektif juga dalam memilih jasa borongan. Sebab, keinginan “cepat selesai”, terkadang malah menciptakan hasil yang berantakan.

Jika ingin hemat budget, bisa menyicil dengan sewa jasa tukang bangunan harian. Menyewa harian ini bisa dilakukan sewaktu-waktu ketika sedang ada dananya. Jika sedang tidak ada dana, ya bisa ditahan dulu sebentar. Seperti pepatah jawa, alon-alon asal klakon. Pelan-pelan yang penting jadi bangunannya.

 

3. Siapkan Kontrak Kerja

Kontrak kerja? Memang terlihat lebay, tapi ini penting sekali untuk diperhatikan. Seringnya perjanjian antara pemilik rumah dan tukang bangunan hanya sekadar lisan, ketika bangunan yang ditempati memiliki banyak masalah, tentu akan kesulitan untuk protes. Perjanjian kerja ini penting sekali. Jika jasa tukang bangunan tidak benar dalam melakukan proses pembangunan. Maka Anda bisa memberhentikannya secara kontrak. Dan tidak perlu merasa tidak enak hati untuk mengganti dengan pekerja yang baru. Bangunan permanen ini akan jadi tempat tinggal yang nyaman bukan, maka pastikan para tukangnya juga membangunnya dengan sungguh-sungguh.

 

4. Monitoring itu Penting

Jangan biarkan jasa tukang bangunan yang Anda sewa mengerjakan pekerjaannya sendiri tanpa adanya pengawasan. Anda harus turun ke lapangan, dan memastikan bahwa semua yang direncanakan dalam blue print direalisasikan dengan baik. Jika Anda tidak punya waktu cukup untuk selalu mengawasi, Anda bisa menyewa mandor bangunan dari jasa yang berbeda, agar bisa mengawasi kinerja para tukang secara objektif.

 

5. Awasi Dalam Pembelian Bahan.

Sebagai pemilik bangunan, harus paham tentang dunia material agar tidak dibohongi oleh jasa tukang bangunan. Karena tidak sekali kasus bangunan rubuh atau hasilnya miring, karena bahan-bahan material yang kualitas rendah dan tidak sesuai dengan ukuran bangunan.

Tags: