☏  021-2222 4686

✆ 0878-8371-1969 (WA)

Tips Membangun Rumah Sederhana Tapi Kelihatan Mewah

Harga yang kian tinggi dan luas tanah terbatas di daerah ibukota Jakarta, tentu membuat kita berpikir ribuan kali bagaimana membangun rumah yang sederhana tapi masih terkesan mewah dan terasa nyaman untuk dihuni. Berikut tips membangun model rumah sederhana tapi kelihatan mewah dan nyaman untuk dihuni:

1. Menetapkan Konsep Rumah

Perencanaan sangat diperlukan agar rumah yang dibangun nanti dapat sesuai dengan keinginan.  Pertama, buatlah perencanaan konsep rumah yang sesuai keinganan anda sendiri. Perencanaan sangatlah penting, agar kita memiliki pijakan langkah untuk mewujudkan rumah impian. Hal-hal yang perlu anda rencanakan adalah bentuk/desain bangunan, luas bangunan yang diinginkan, luas tanah yang tersedia, material yang dibutuhkan, tenaga kerja yang akan digunakan, lama waktu pembangunan yang akan dibutuhkan, dan biaya yang dibutuhkan. Jumlah tenaga kerja yang akan digunakan serta ketersediaan biaya akan sangat berpengaruh terhadap lama pembangunan yang akan dibutuhkan nantinya.

Jika kesulitan untuk membuat perencanaan rumah sendiri, Anda bisa menyewa jasa kontraktor bangunan yang sudah terpercaya untuk melakukan konsultasi rumah mewah seperti apa yang diidamkan, dan aplikasi pembangunannya untuk membangun model rumah sederhana tapi kelihatan mewah.

2. Tetapkan Langkah: Bangun Dari Awal, atau Rehab Rumah

Membangun rumah dari awal tentunya akan menggunakan anggaran yang lebih besar ketimbang merehab rumah lama menjadi tampak lebih baru dan terlihat mewah. Namun bukan berarti tidak dapat menghemat anggaran yang dikeluarkan, asalkan konsep/perencanaannya sudah sangat baik, maka bukan tidak mungkin anggaran yang dikeluarkan dapat lebih dihemat.

Salah satu cara agar anggaran yang digunakan tidak terlalu besar tapi rumah masih terlihat mewah adalah, dengan tidak membuat banyak dinding pada beberapa ruang tertentu seperti: dapur, ruang makan, ruang santai keluarga, serta ruang tamu. Ruangan-ruangan tersebut dapat dibuat lebih terbuka tanpa dinding pemisah agar terkesan lebih luas. Fungsi dinding dapat digantikan dengan memasang perabot tertentu, atau sekat khusus untuk membedakan batas setiap ruangan.

Sedangkan untuk merehab rumah membutuhkan dana yang lebih sedikit dibandingkan membangun dari awal, selama tingkat kerusakannya tidak menyerang bagian pondasi. Dalam rehabiltasi, umumnya hanya perlu mengganti bagian-bagian yang sudah rusak seperti menambal dinding yang berlubang atau retak, mengganti cat dengan yang baru, mengganti bingkai jendela yang sudah lapuk/rusak, memperbaiki/mengganti atap dan genteng yang rusak/bocor, serta membuang barang-barang atau perabotan yang sudah tidak terpakai, juga mengganti perabotan yang sudah tua dengan yang baru dan lebih bagus serta simple.

3. Perhatikan Pemasangan Talang Air, Instalasi Pipa, dan Instalasi Listrik

Perhatikan posisi pemasangan talang air. Jangan sampai terlihat mencolok dan tidak rapi, karena dapat mengurangi kesan mewah. Talang air bisa disamarkan dengan cat yang sesuai dengan warna dinding. Pastikan talang air tidak bocor yang dapat mengurangi nilai kemewahan rumah.

Pemasangan instalasi pipa dan listrik yang sembarangan, seperti mudah terlihat dan tidak rapi, juga dapat mengurangi kesan mewah. Untuk membangun model rumah sederhana tapi kelihatan mewah, pemasangan instalasi pipa dan listrik sebaiknya berada pada posisi yang tidak mudah dilihat oleh orang. Kabel-kabel listrik dapat ditanam di dalam dinding dan dipasang di balik plafon, begitu juga dengan pipa-pipa air atau bisa dipasang di balik dinding.

4. Memilih Warna yang Pas

Warna yang cocok untuk model rumah sederhana tapi kelihatan mewah, adalah warna pastel yang cenderung kalem atau soft, seperi warna putih, gold, silver, dan krem. Warna perpaduan juga dapat digunakan seperti warna merah muda dipadu dengan merah marun, kuning pastel dengan oranye pastel, hijau tosca dengan putih, kuning dengan dengan hijau pastel, gold dengan krem, oranye dengan krem, dan warna putih sangat cocok dipadukan dengan berbagai warna pastel dan muda/terang lainnya. Paduan-paduan warna tersebut akan memberikan kesan sederhana, cerah, dan mewah.

5. Letakkan Perabotan yang Tepat

Setelah bangunan rumah jadi, faktor selanjutnya yang dapat menentukan kesan mewah pada rumah adalah perabotannya. Tidak meletakkan banyak perabotan adalah pilihan terbaik agar rumah terasa nyaman. Sedangkan untuk menciptakan suasana/kesan mewah adalah dengan memasang perabotan yang senada dengan warna ruangan, simple, dan perabotan yang bernuansa modern ataupun klasik.

Perabotan rumah yang bernuansa klasik lebih cocok dengan warna ruangan seperti gold dan krem atau perpaduan keduanya, sedangkan perabotan yang bernuansa modern lebih cocok dengan warna-warna pastel, muda/terang, putih, dan abu-abu, serta perpaduan antara warna tersebut. Perpaduan warna putih, hitam dan/atau abu-abu cocok untuk perabotan rumah baik yang bernuansa klasik maupun yang bernuansa modern.