☏  021-2222 4686

✆ 0878-8371-1969 (WA)

Mau Rancang Rumah Minimalis, Pertimbangkan 5 Hal Penting Ini!

Rumah Minimalis

Memiliki rumah sendiri adalah impian para pasangan suami istri, karena dapat leluasa melakukan berbagai aktivitas dan akan lebih mudah untuk mengatur kehidupan keluarga sendiri, ketimbang menumpang tinggal di rumah orang tua.

Terbatasnya lahan daerah perkotaan membuat kita kadang jadi serba salah. Ingin punya rumah yang nyaman dan leluasa, tapi lahannya jauh dari tempat kerja. Ingin rumah yang dekat dengan tempat kerja maupun sekolah berkualitas, tapi mau tidak mau dapat lahan yang sempit, sehingga rumah hanya bisa dibangun minimalis. 
Rumah minimalis yang dibangun tanpa perencanaan matang, akan membikin rumah anda jadi sumpek dan tidak nyaman untuk ditempati. Maka, pertimbangkan lima hal ini sebelum anda membangun rumah minimalis impian:

1.    Konsep Keluarga
Konsep keluarga adalah bagaimana gambaran keluarga yang akan Anda bangun. Tentunya goals ini disepakati Bersama pasangan anda. Apakah anda ingin membangun keluarga kreatif, seniman, atau scientist. Atau Anda ingin membangun sebuah keluarga yang disiplin, teratur, atau keluarga sehat jasmani-rohani. Goals dari konsep keluarga Anda akan menentukan bagaimana kenyamanan setiap anggota keluarga dalam beraktivitas. Konsep yang hendak dibentuk ini juga menentukan kebutuhan ruangan yang diperlukan rumah impian Anda.

Misal, Anda dan pasangan Anda memiliki hobi atau bahkan karir sebagai musisi, kemudian Anda dan pasangan ingin membentuk keluarga musisi. Aanak-anak Anda nanti akan dikenalkan dan diajarkan tentang seluk beluk musik, mulai dari jenis-jenis musik sampai alat-alatnya. Untuk menunjang kebutuhan tersebut, Anda dan pasangan dapat membuat satu ruangan khusus sebagai tempat belajar dan mengajarkan musik untuk keluarga Anda. Anda dapat menyimpang berbagai alat musik sesuai kebutuhan Anda. 
Jika Anda dan pasangan suka membaca dan ingin membentuk konsep keluarga penulis, maka sediakan sebuah ruangan untuk keluarga dapat menulis dengan nyaman. Dalam ruangan itu, Anda dapat meletakkan rak buku minimalis yang sesuai dengan luas ruangan sebagai rak perpustakaan di rumah Anda sendiri. Pada prinsipnya, sediakan satu ruangan khusus untuk mengembangkan kemampuan.

2.    Jumlah Anggota Keluarga
Jumlah anggota keluarga sangat penting untuk dipertimbangkan, karena akan menentukan jumlah kamar tidur yang dibutuhkan. Misal, jumlah anggota keluarga Anda sebanyak lima orang, yaitu Anda, pasangan Anda, dan tiga orang anak Anda—dua anak laki-laki dan seorang perempuan. Dengan jumlah anggota keluarga yang seperti ini, maka akan dibutuhkan tiga buah kamar tidur, satu untuk Anda dan pasangan, satu kamar untuk dua anak laki-laki, dan satu untuk anak perempuan. 
Jumlah kamar tidur yang dibutuhkan juga dapat menjadi penentu jumlah lantai rumah yang akan dibangun. Jika konsepnya adalah rumah minimalis, maka dengan jumlah kamar tidur sebanyak itu perlu membangun lantai dua. Di lantai satu sudah pasti untuk wilayah dapur, ruang tamu, ruang makan, dan kamar mandi, sehingga untuk kamar tidur di lantai satu hanya muat satu ruangan. Karena itu dibutuhkan lantai dua untuk dua kamar lainnya.

3.    List Kebutuhan Ruangan
Sebelum membangun rumah minimalis impian, pastikan anda sudah menghitung dan mengukur jumlah ruangan yang anda butuhkan. Ruang tamu, dapur, kamar mandi, kamar tidur, dan ruang cuci menjadi pilar-pilar penting yang harus diatur agar rumah minimalis impian dapat terlihat rapi.
Susun ruang-ruang tersebut agar menjadi nyaman dan efektif saat digunakan. Anda bisa memasang cermin besar di ruang tamu agar terlihat lebih luas, kitchen set minimalis agar dapur Anda tertata rapi, serta menyediakan ruangan khusus untuk mencuci dan menjemur pakaian.

4.    Kendaraan Pribadi
Salah satu masalah yang sering dijumpai adalah “kurang lahan parkir”. Lahan parkir yang aman dari pencurian dan juga tidak jadi penyebab kemacetan. Di daerah perkotaan, banyak dijumpai masyarakat yang parkir kendaraan di pinggir jalan depan rumah mereka, ada yang di gang-gang kecil ataupun di pinggir jalan raya. Hal itu diakibatkan tidak adanya garasi untuk memarkir kendaraan di area rumah. Luas lahan/tanah yang dimiliki tidak cukup luas untuk membuat garasi.

Jika Anda telah memiliki sebuah mobil, maka sebaiknya Anda menyiapkan ruang sebagai garasi untuk memarkir kendaraan Anda dari pada harus parkir di pinggir jalan depan rumah, selain karena dapat memicu kemacetan, keamanan kendaraan Anda juga akan terancam, akan rawan dicuri atau bahkan dirusak oleh orang yang tidak bertanggungjawab.
Sebaiknya garasi dijadikan sebagai hal penting untuk membuat konsep rancangan rumah Anda. Karena walaupun Anda belum atau tidak memiliki sebuah mobil, maka kendaraan seperti motor atau sepeda Anda tetap butuh disimpan atau diparkir dengan aman dalam area rumah Anda. Selain itu, jika ada tamu datang, maka kendaraan tamu Anda juga dapat diparkir di garasi yang Anda miliki.

5.    Bijak Dalam Membeli Perabotan Rumah
Pilah pilih perabotan rumah Anda. Tidak perlu menambah aksesoris tiga dimensi di rumah yang membuat pemandangan terlihat sumpek, seperti Gucci ataupun patung. Tempatkanlah rumah minimalis anda dengan perabotan yang multifungsi. Sofa lipat yang bisa digelar menjadi Kasur. Atau kursi santai yang bisa sekaligus menjadi rak buku. Kasur tingkat yang kokoh pun juga bisa jadi pilihan untuk tempat tidur anak-anak. Perabotan yang multifungsi akan menghemat ruangan. Sehingga Anda dan keluarga tetap bisa bergerak dengan bebas. 
Lima hal penting tersebut wajib anda pertimbangkan sebelum membangun rumah minimalis impian. Selamat merancang!

Tags: