☏  021-2222 4686

Nyaman Dalam Ruangan Minimalis

Bagi Anda yang memiliki atau sedang berencana beli/bangun rumah dengan ukuran minimalis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar rumah Anda terasa nyaman walau ukurannya tidak begitu luas:

 

1. Memilih warna ruangan yang tepat

Memilih warna yang tepat untuk ruangan rumah Anda sangat penting dilakukan, agar Anda dapat merasa nyaman dan betah berada di dalamnya. Untuk itu Anda dapat menggunakan warna terang seperti warna putih, kuning,  dan warna-warna terang lainnya akan memberikan kesan yang lebih luas untuk ruangan Anda. Warna yang dapat memberikan kesan luas tersebut akan menimbulkan rasa nyaman terutama bagi penglihatan Anda.

Sebaiknya Anda tidak menggunakan kombinasi warna lebih dari dua dalam satu ruangan. Anda dapat mengkombinasikan dua warna tertentu agar ruangan Anda terlihat lebih bagus dan nyaman, seperti warna putih dengan abu-abu terang atau kombinasi warna terang selainnya yang tetap serasi dan sesuai keinginan Anda.

 

2. Hindari memasang wallpaper berlebihan

Hindari memasang wallpaper yang berlebihan pada dinding ruangan Anda, apalagi sampai memenuhi dinding ruangan atau memasang wallpaper dengan warna yang gelap dan corak/motif yang terlalu ramai, hal itu akan menimbulkan kesan sempit dan kurang nyaman.

Jika Anda tetap ingin memasang wallpaper, sebaiknya pada tempat-tempat tertentu saja, seperti ruang tamu, ruang keluarga, atau kamar tidur. Pasanglah wallpaper pada sisi tertentu saja dengan ukuran tidak terlalu besar dengan corak yang sederhana, serta warna yang cocok/serasi dengan warna ruangan Anda.

Anda juga dapat mengganti wallpaper dengan satu lukisan berukuran besar atau dua buah lukisan berukuran sedang dengan gambar yang menarik. Lukisan ini dapat mengganti fungsi wallpaper agar ruangan Anda terlihat menarik atau enak dipandang.

 

3. Membuat pencahayaan yang baik

Penggunaan penerangan dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing ruangan, sebisa mungkin setiap ruangan memperoleh cahaya yang cukup. Jika  sedikit cahaya atau terlalu redup maka akan menimbulkan kesan seram, terutama pada malam hari. Sebaliknya, jika terlalu banyak cahaya atau terlalu terang akan membuat ruangan terlalu silau dan membuat mata kurang nyaman.

Anda juga dapat menyesuaikan dengan warna ruangan Anda, jika ruangan Anda berwarna putih atau warna terang, Anda dapat menggunakan penerangan/lampu dengan tingkat pencahayaan yang agak redup. Tapi, pada ruangan tertentu seperti ruang kerja, Anda dapat menyesuaikannya dengan lampu yang cukup terang sesuai kebutuhan, agar Anda dapat merasa nyaman saat mengerjakan pekerjaan-pekerjaan Anda, seperti menulis, mengetik laporan, dsb.

Selain itu, Anda dapat memasang jendela kaca dengan ukuran yang besar, agar dapat memperoleh cahaya matahari yang cukup untuk menerangi ruangan Anda, sehingga  dapat menghemat biaya penggunaan listrik untuk penerangan ruangan di pagi hingga sore hari.

 

4. Membuat sirkulasi udara yang baik

Menggunakan jendela besar selain dapat memperoleh cahaya matahari untuk menerangi ruangan, ia juga berfungsi sebagai jalur keluar dan masuknya udara yang sangat baik. Jadi Anda dapat memasang jendela yang dapat dibuka-tutup. Selain itu, Anda dapat memasang kusen pintu dan jendela yang bagian atasnya terdapat lubang udara atau yang biasa disebut boven.

Pada ruangan tertentu seperti kamar mandi dan dapur, Anda dapat memasang exhaust fan, karena alat ini memiliki dua fungsi, yaitu menyedot keluar udara dalam ruangan dan juga memasukkan udara segar ke dalam ruangan. Jadi fungsi exhaust ini sangat tepat untuk dipasang di kamar mandi dan dapur. Tapi, Anda juga dapat memasangnya pada ruangan selainnya sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri.

 

5. Memilih dan menata perabotan dengan tepat

Memilih dan menata perabotan dengan tepat sangat penting dilakukan. Agar ruangan yang sempit tidak semakin menghimpit karena keliru memilih dan memasang perabotan. Hindari memilih barang yang berukuran besar dan meletakkan terlalu banyak barang, apalagi barang-barang yang tidak terlalu memiliki fungsi yang berguna.

Anda dapat memilih perabot yang multifungsi, seperti sofa atau kursi santai yang memiliki rak untuk menyimpan buku, atau memiliki laci untuk menyimpan mainan anak Anda. Ukuran sofa dan meja dapat Anda sesuaikan dengan ukuran ruangan Anda, hindari menggunakan ukuran yang besar.

Sebaiknya Anda tidak meletakkan banyak barang di lantai, Anda dapat mengoptimalkan dinding ruangan, seperti lemari atau rak buku yang dipasang di dinding, TV model slim yang juga dipasang di dinding, dan perabot lainnya yang dapat dipasang di dinding, tapi tetap disesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran ruangan Anda.